Marilah kepada-Ku,
semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Wednesday, March 23, 2011

Belajar Dari Petrus


" Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon ... "
- Lukas 5:3
-

Salah satu murid yang namanya muncul paling banyak dalam Alkitab adalah Simon Petrus. Dibandingkan dengan murid-murid yang lain, memang Petrus lebih menonjol. Demikian juga pertobatannya diceritakan begitu detail oleh Injil Lukas. Dari hal ini sebenarnya kita bisa belajar banyak dari seorang Petrus.

Pertama, Petrus adalah seorang yang terbuka terhadap Tuhan. Bagaimana reaksi Anda ketika seseorang yang tak Anda kenal sebelumnya tiba-tiba naik ke perahu Anda, sementara sudah sepanjang malam Anda tak mendapat seekor ikan pun juga? Bukankah saat itu Petrus sedang letih, capek, dan jengkel karena tangkapannya tak membuahkan hasil? Namun dalam keadaan seperti itu, ia mengijinkan Yesus masuk ke dalam perahunya. Petrus terbuka terhadap Tuhan!

Kedua, Petrus taat kepada perintah Tuhan. Petrus adalah seorang nelayan yang berpengalaman dan sekarang ia diperintahkan untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam untuk menebarkan jala. Bukankah cukup beralasan jika Petrus menolak perintah Tuhan karena ia merasa berpengalaman, lagi pula bukankah kemarin malam ia sudah mengobok-obok seisi laut? Ketaatan Petrus lah yang membuat ia mengalami mujijat yang luar biasa dari Tuhan.

Ketiga, Petrus berbagi berkat kepada orang lain. Tahu mendapat tangkapan ikan yang banyak, ia tak menjadi egois dan serakah. Bukankah lebih menguntungkan kalau ikan yang sangat banyak ini dinikmatinya sendiri? Namun tidak demikian dengan Petrus. Ia memanggil teman-temannya untuk berbagi hasil tangkapan. Belajar dari Petrus, kita harus ingat bahwa kita diberkati untuk menjadi saluran berkat bagi orang lain.

Keempat, Petrus meresponi panggilan Tuhan. Melihat mujijat yang diperbuat Tuhan, ia langsung meresponinya. Ia tersungkur, mengaku dosa dan menjadi pengikut Tuhan pada saat itu juga. Bagaimana seandainya kita jadi Petrus? Bukankah kemungkinan besar kita akan disibukkan dengan tangkapan besar itu daripada tersungkur dan menyembah Tuhan? Hari ini kita bisa belajar empat hal dari Petrus : terbuka kepada Tuhan, taat kepada perintah Tuhan, meresponi panggilan Tuhan dan berbagi berkat kepada sesama.


.JBU abundantly.




Ajar aku Tuhan,


_yL_

No comments:

Post a Comment